hmmm, kaka kaka pengen tau aja atau pengen tau banget? pastinya kalian semua mau tau kan tentang unek - unek kita semua, dapatkan semua disini

loading...

Minggu, 14 Juni 2020

Hal-Hal Yang Harus di Perhatikan Sebelum Meninggalkan Motor Dalam waktu yang lama

ketika ingin meninggalkan motor dalam waktu yang lama atau di tinggal mudik, ada berberapa hal yang harus kita perhatikan agar motor kita tetap awet dan prima ketika kembali digunakan. antara lain :

1.    Mencuci Motor

Yang pertama ada Mencuci motor menjadi hal yang pertama saya sarankan mengapa begitu?. Karna ketika motor di tinggal dalam kondisi bersih insha allah motor kita akan tetap awet karna akan terhindar dari karat yang disebabkan oleh kotoran atau bekas air hujan yang menempel pada body atau rangka motor,maka mencuci motor sangat disaran kan.

2.    Memperhatikan isi Tangki Bensin


Yang kedua ada memperhatikan isi tangki bensin ada dua cara yang dapat dilakukan, yang pertama ada mengisi full bensin atau  mengkosongkan sama sekali ,saya biasanya lebih terbiasa menggunakan cara kedua, hal ini cukup penting dilakukan karena ketika kita meniggalkan motor dalam waktu yang cukup lama bensin di motor kita biasa menjadi basi, hal ini akan mepengaruhi di performa mesin, hal kedua jika bensin terlalu lama di diamkan didalam tangki akan menyebabkan korosi pada tangki bisa meyumbat aliran bensin menuju karburator sehingga akan berpengaruh pada tarikan dari motor kita dan jika sudah parah dapat meyebabkan tangki menjadi bocor karna tangki menjadi menipis.

3.    Melepas Aki 


Yang ketiga ada melepas aki, hal ini cukup penting dilakukan agar aki arus listrik  pada motor kita terbuang sia-sia saat  motor tidak digunakan dan ketika ingin digunakan kembali aki tidak menjadi drop/kurang arus, sehingga susah di hidupkan.

4.    Simpan Didalam Rumah


Kemudian yang keempat ada meyimpan motor didalam rumah hal ini agar motor kita menjadi lebih aman karna ada pengaman tambahan selain dari dari kunci stang.

Baca juga : keseruan anak 90an

5.    Kunci Stang/kunci Tambahan


yang kelima ada kunci stang atau menambahkan kunci tambahan hal ini agar motor kita menjadi lebih aman ketika di tinggal dalam waktu yang cukup lama.

6.    Menggunakan penyangga/Standar Tengah 


Selanjutnya yang keenam ada menggunkan penyangga/standar tengah hal ini cukup penting dilakukan karana ketika motor lama tidak digunakan tekanan angin nya akan berkurang ,agar ban motor tidak langsung menyentuh permukaan terlalu lama sehingga mempengaruhi bentuk ban, maka ada baiknya menggunakan peyangga/standar tengah sebagai upaya untuk meminimalisirnya.

7.    Memberi sarung motor


yang terakhir ada memberi sarung motor hal ini sifat nya tidak terlalu wajib, namun cukup disarankan karana sebagai pelindung tambahan body agar tidak langsung terkena debu atau kotoran dari luar ,sehingga lebih aman, jika tidak memilki sarung motor bisa menggunakan jas hujan sebagai alat penganti.


 baca juga : yang seram - seram

Nah berikut tadi berberapa cara yang dapat dilakukan ketika ingin meninggalkan motor dalam waktu yang cukup lama,mungkin sederhana dan sepele namun cukup penting untuk menjaga peforma dan tampilan  motor kesayangan kita mesikipun ditinggal dalam waktu yang lama,semoga berberapa tips di atas bisa bermanfaat jika ada keritik, saran, atau tambahan dapat di tuliskan di kolom komentar, Terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Share:

6 komentar:

loading...

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.