hmmm, kaka kaka pengen tau aja atau pengen tau banget? pastinya kalian semua mau tau kan tentang unek - unek kita semua, dapatkan semua disini

loading...

Senin, 01 Juni 2020

TIPS-TIPS BANTU CORONA PULANG DAN HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK MENJALANI NEW NORMAL

Tubuh manusia di ciptakan oleh Allah SWT dengan sangat sempurna mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Kita sebagai manusia harus patut bersyukur atas semua pemberian itu. Maka dari itu, kita harus menjaga dan merawatnya dengan menjaga kesehatan atau meningkatkan daya tahan tubuh dengan beberapa cara yang dapat kita lakukan. Selain, penyakit-penyakit baik akut maupun kronis .Apalagi sekarang ini terjadinya pandemi virus yang disebut sebagai corona atau covid-19 yang merebak di beberapa negara. Secara langsung hal tersebut menguji daya tahan tubuh kita apakah kuat atau tidak melawan penyakit dan virus-virus tersebut. Pada manusia yang memiliki daya tahan tubuh yang baik maka akan berhasil melawan penyakit tersebut yaitu dengan sembuh dan terhindar dari bahayanya penyakit tersebut. Sedangkan pada manusia yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah maka akan rentan terkena bahkan meninggal. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membantu corona pulang antara lain:

1.     Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

makanan sehat dan bergizi

 

 

 

 

 

 

 

Makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Makanan memiliki berbagai varian yaitu, karbohidrat, protein, serat, mineral, lemak, vitamin dll. Tentunya kandungan-kandungan tersebut memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Maka tidak boleh terjadinya over atau berlebihan mengonsumsi 1 kandungan makanan saja, karena hal tersebut dapat menimbulkan beberapa penyakit. Salah satu contoh: kelebihan karbohidrat atau glukosa dapat meningkatkan kadar gula darah dan terjadilah penyakit diabetes mellitus. Sehingga tubuh kita harus mendapatkan kandungan nutrisi yang seimbang. Terutama serat dan sayur yang sangat penting untuk menjadi konsumsi bakteri-bakteri baik yang ada didalam usus kita. Bak polisi dan corona. Jikalau polisi (bakteri-bakteri baik) berkuasa di dalam tubuh kita maka virus corona ini tidak akan betah hidup diantara kita, sehingga virus corona tersebut tidak akan dapat menambah rantai penyebaran dan akan pulang ketempat yang semestinya (tidak dengan kita).

2.      Berolahraga secara teratur

olahraga menyehatkan

Olahraga merupakan salah satu aset bagi tubuh kita, dengan olahrga kita dapat melatih otot-otot, anggota gerak, meningkatkan imunitas, merawat kesehatan organ-organ tubuh yaitu dengan mengeluarkan keringat (salah satu hasil ekskresi tubuh yang sudah tidak digunakan). Karena virus corona sangat terserap oleh kita-kita yang masih malas berolahraga atau malas gerak, sehingga virus corona makin susah untuk pulang.

3.      Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

 jagalah kebersihan


Seperti yang kita tahu kebersihan merupakan sebagian daripada iman. Selain iman, menjaga kebersihan merupakan sebagian dari kesehatan. Mengapa? Karena dapat tercermin dari kebersihan diri dan lingkungan yang baik maka akan mewujudkan tubuh dan lingkungan yang sehat, senang, nyaman. Nah tempat seperti itulah yang dapat membantu corona pulang, sehingga corona sangat berterimakasih kepada kita-kita yang salalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

4.      Berfikir positif atau menghindari stress

 berfikir positif

Pikiran juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan atau daya tahan tubuh seseorang. Orang yang memiliki pikiran positif cenderung kuat daya tahan tubuhnya dan cenderung lemah daya serap coronanya dibandingkan dengan orang yang memiliki banyak pikiran negatif atau stress, sehingga makin kuat juga daya serap coronanya, sudah pikiran stress kena virus lagi.. serem gak tuh? hiii.

 Berjemur

 berjemur

 Berjemur juga sangat baik dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh antara lain: meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan mood. Sinar matahari yang baik untuk berjemur antara jam 9 sampai 10 pagi dengan durasi 15 menit saja. Hindari berjemur di atas jam 10 di karenakan sinar matahari pada jam tersebut sangat berbahaya bagi kulit karena dapat menyebabkan kanker kulit.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK MENJALANI NEW NORMAL

new normal 

Indonesia merupakan salah satu negara yang tidak luput dari imbas atau dampak dari virus corona (covid-19). Diawali dari beberapa orang yang terpapar virus tersebut kemudian menyebar secara langsung dan tidak langsung ke banyak orang dan merata pada beberapa daerah hingga provinsi. Saat ini pemerintah tengah berusaha menetapkan kebijakan yang baik bagi negeri kita Indonesia dengan memperhatikan beberapa faktor dan kemungkinan dampak terbesarnya. New normal yang insyaAllah akan dilaksanakan mulai dari 1 juni 2020 atau lebih tepatnya pada hari ini, beberapa provinsi dan kabupaten. Tentunya ada beberapa hal yang harus kita persiapkan sebagai masyarakat yang baik dan peduli akan kesehatan. Kenapa? Karena new normal adalah kehidupan normal baru dimana dengan beberapa aturan atau protokol kesehatan. Beberapa hal yang diperhatikan untuk menghadapi new normal antara lain :

  • Mempersiapkan mental dan fisik
 mental dan fisik

 Mental yang baik harus di persiapkan. Kenapa? Karena meskipun indonesia melaksanakan fase new normal. Hal tersebut bukan berarti virus corona (covid-19) sudah benar-benar hilang. Kita harus tetap berhati-hati karena virus adalah makhluk yang tak terlihat yang sangat berbahaya dan tak boleh di sepelekan. Mental yang baik bisa dibentuk dengan berfikir positif, menghindari stress, melakukan hobi, tetap bersilaturahmi dengan keluarga dan orang yang disayang meskipun di rumah aja.

keselamatan
Ada beberapa barang yang wajib kita pakai atau bawa saat keluar rumah untuk menghindari virus corona yaitu jaket, masker, hand sanitizer, sarung tangan

  • .      Tetap melakukan social distancing serta kebersihan

sosial distancing

Seperti protokol kesehatan yang dianjurkan yaitu menjaga jarak antara 1 orang dengan yang lainnya dengan jarak 1 atau 2 meter. Karena hal tersebut dapat meminimalisir berpindahnya virus atau terjadinya penularan 

  • Kesadaran kesehatan bagi diri sendiri dan orang tersayang

a.      Saat dirumah aja maupun saat sedang berpergian kita tetap haru sadar akan pentingnya kesehatan bagi diri sendiri, orang tersayang dan orang lain disekitar kita. Yaitu dengan tetap menjaga kesehatan, berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan jangan sampai egois sehingga tidak memperdulikan kesehatan orang lain yaitu hindari panic buying.



Mengapa kita harus bantu corona pulang?, baca selengkapnya pada artikel dibawa ini

http://tauaja830.blogspot.com/2020/05/tauaja830bantucoronapulang.html

Share:

2 komentar:

loading...

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.